Tuesday 23 December 2014

Ilmu dan ketidakpastian


Dalam hidup ini kita sering kali berusaha untuk mencapai apa yang kita inginkan, namun tidak selalunya apa yang kita inginkan itu bisa kita dapatkan, padahal kita sudah berusaha dengan sekuat tenaga namun terus saja hambatan yang tidak terkirakan datang silih berganti dan akhirnya merobohkan semua rencana dan usaha kita, itulah yang ketidakpastian dalam kehidupan. Keridakpastian datang diluar prediksi dan rencana, kita hanya menyadari bahwa kita telah melewati ketidakpastian itu saat segalanya sudah berakhir dengan kesalahan. yang jadi pertanyaan "apakah kita ingin semuanya ingin berakhir dengan kesalahan..?" jawabannya pasti tidak.

maka bagaimana cara kita agar segalanya tidak berakhir dengan kesalahan atau kegagalan,.?

Manusia memang tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi, sering kita mendengar ungkapan "Manusia hanya bisa merencanakan tapi Tuhan yang menentukan" . ungkapan tersebut tidaklah untuk mematahkan semua rencana kita, namun menjadi tolak ukur sudah benarkah rencana kita sesuai dengan ketentuan Allah.  Kesalahan atau kegagalan bukanlah suatu yang kita inginkan dan kata pun tidak tahu apakah segala tindakan kita berakhir dengan kegagalan atau keberhasilan, meskipun kita tidak bisa memprediksi hasil akhir akan tetapi kita bisa menemukan cara untuk meminimalisasi risiko kegagalan itu.

Untuk kita mengahadapi ketidakpastian maka kita butuh peralatan ntuk mengadapinya, peralatan itu yakni adalah Ilmu, Ilmu merupakan jalan untuk kita melewati segala hambatan dan ketidakpastian. Dalam hadist
”Barang siapa yang menghendaki kehidupan dunia maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barang siapa yang menghendaki kehidupan Akherat, maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barang siapa menghendaki keduanya maka wajib baginya memiliki ilmu”. (HR. Turmudzi)

Dalam hadist tersebut disebutkan dunia yang berarti sekarang dan akhirat yang berarti masa akan datang, maka jika kita pahami maknanya, ilmu itu tidak hanya menjadi jaln untuk kita menghadapi apa yang sedang kita alami namun dengan Ilmu kita akan siap menghadapi apa yang akan kita alami ( ketidakpastian).
Jika kita ingin berakhir dengan baik maka pahami Ilmunya, mari kita berikan sebuah gmabaran, sering kita mendengar ungkapan "Nasi sudah menjadi bubur" tapi tidakkah kita sadari bahwa jika dengan Ilmu segalanya malah bisa lebih baik, dengan ilmu "Nasi bisa menjadi bubur tapi ingat jika kita bisa mengolah bubur itu maka bubur itu bisa menjadi Bubur spesial".
Nasi hanya bisa dinikmati oleh sebagian orang akan tetapi bubur, siapa pun bisa menikmatinya anak kecil hingga dewasa dan bahkan orang yang sedang sakit sekalipun. Jadi spesial kan..

sekian jika catatan kecil saya hari ini bila anda suka anda bisa share 


artikel ini bisa juga anda baca di sini


EmoticonEmoticon